Kepala BIN : Intelijen Kartel Bermain Sangat Kuat dan Besar Agar Menteri Susi Dicopot Dari Jabatan Menteri Kelautan


Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan bicara soal adanya kekuatan yang ingin mengacaukan situasi bangsa. Salah satunya kekuatan yang ingin Susi Pudjiastuti dicopot dari jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP).

Di bidang ekonomi, kata Budi, perlu diketahui bahwa ada operasi intelijen yang sangat masif. Tujuannya menjatuhkan produk lokal.

"Marak yang kita rasakan banjirnya produk palsu dan tidak berkualitas di Indonesia, khususnya dari China, dengan harga murah. Sehingga melemahkan produk lokal dan melemahkan kemandirian ekonomi," kata Budi di hadapan para alim ulama dalam acara Halaqah Nasional Alim Ulama di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (13/7/2017).

Budi juga mengatakan ekonomi Indonesia dikuasai kartel pangan dan energi. Dia mengakui hal ini sulit diberantas.

"Ekonomi Indonesia dikuasai kartel pangan dan energi. Ini sangat sulit diberantas karena jaringan mereka sangat kuat," ujarnya.

Terkait dengan kartel, Budi mengatakan ada kekuatan yang ingin menyingkirkan Susi dari posisi menteri. 

"Contoh Bu Susi sekarang sedang mengalami serangan balik yang sangat kuat demo nelayan. Kekuatan inilah yang bermain untuk Ibu Susi diganti," tuturnya.

Karena penguasaan kartel tersebut, lanjut Budi, Indonesia menjadi bergantung pada negara lain. "Kita dijadikan pangsa pasar negara lain sehingga sangat tergantung dengan negara superpower," ucapnya. 

DETIK.COM